digidaw.id – Tanggal 16 September ditetapkan oleh Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa sebagai Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia. Ketetapan ini dibuat pada tanggal 19 Desember 1994 untuk memperingati tanggal ketika berbagai negara menandatangani Protokol Montreal tentang zat yang merusak lapisan ozon.

Menjaga lapisan ozon jelas penting bagi seluruh masyarakat bumi. Mengingat fungsi lapisan ozon diantaranya adalah untuk melindungi dari sinar ultraviolet matahari yang dapat menyebabkan kanker. Dalam hal ini lapisan ozon berfungsi sebagai tabir surya bagi bumi dan menyerap sekitar 98% dari sinar UV yang terkenal berbahaya. Oleh sebab itu, salah satu hal yang sangat dikhawatirkan jika terjadi penipisan lapisan ozon adalah meningkatnya jumlah penderita kanker kulit dan katarak di Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia. Para ilmuwan dunia telah sepakat bahwa sinar matahari yang diberi nama UV-A dapat menembus kulit bagian dalam yang dapat menyebabkan kanker mematikan, melanoma, dan penuaan dini, go green indonesia.

Menurut berita yang dilansir dari CNN Indonesia 08 Februari 2018, hasi penelitian menemukan masalah baru di atmosfer Bumi. Ketika keadaan ozon di sekitar Antartika membaik, lapisan ozon di sekitar wilayah ekuator justru terabaikan. Ada kekhawatiran dari komunitas ilmuwan bahwa sinar ultraviolet (UV) yang menembus langit non-kutub makin kuat. Sebab, ozon di lapisan stratosfer bawah makin menipis. Padahal di bawah langit tersebut, miliaran orang tinggal di sana. Hasil penelitian yang dimuat jurnal Atmospheric Chemistry and Physics itu menangkap kondisi atmosfer yang terekam selama 30 tahun terakhir.

Mengutip dari laman ScienceMag, Ball dan kolega memanfaatkan data satelit untuk mengetahui kondisi ozon sejak dari permukaan Bumi, troposfer, hingga stratosfer. Hasilnya, ketebalan ozon di stratosfer bawah berkurang 2,2 Dobson unit -satuan yang dipakai untuk mengukur ketebalan ozon. Sementara konsentrasi ozon di stratosfer lapisan atas meningkat 0,8 unit.
Dahulu, kekhawatiran mengenai lapisan ozon yang menipis mengarah di wilaya Antartika. Saat itu zat kimia chlorofluorocarbons (CFC) digadang-gadang menjadi penyebab lubangnya ozon di atas Antartika sehingga sejumlah negara merasa penting untuk mengendalikannya. Sadar akan bahaya tersebut, muncul traktat internasional bernama Protokol Montreal pada 1989 yang isinya bertekad memulihkan lapisan ozon di Antartika, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia

Para peneliti menyebutkan, lapisan ozon rusak akibat penggunaan Chloro-Flurocarbons(CFCs) yang sering digunakan seperti aerosol, kulkas, AC dan bahan kemasan yang membuat lapisan ozon rusak karena radiasi ultraviolet naik ke stratosfer. Kemudian, radiasi tersebut melepaskan atom klorin yang menghancurkan molekul ozon.
NASA sendiri sejak 12 tahun belakangan telah mengamati secara permanen lubang di lapisan ozon dengan satelit Aura. Penipisan ozon ini akibat pada suhu dingin, yang berarti bervariasi dengan cuaca dari tahun ke tahun, sehingga perubahan dari waktu ke waktu sulit dipelajari. So, buat ngelindungin lapisan ozon salah satu hal yang bisa kita lakukan sebagai makhluk bumi ini adalah dengan meminimalisir penggunaan Chlorofluorocarbons (CFC).

Berikut nih beberapa cara yang bisa kita lakukan agar lapisan ozon kita tidak makin menipis
1. Buang dengan baik lemari es, mesin pembeku (freezer), dan pengatur suhu ruangan (AC) yang dibuat sebelum tahun 1995. Alat-alat tersebut menggunakan klorofluorokarbon untuk memfungsikannya, sehingga jika ada kebocoran akan melepaskan bahan kimia tersebut ke atmosfer, menggunakan pembersih dalam rumah tangga yang bersahabat.
2. Gunakan produk pembersih yang natural adalah cara yang tepat untuk mencegah penipisan ozon. Banyak dari produk pembersih dalam rumah tangga yang menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak ozon.
3. Menghindari penggunaan pestisida. Pestisida adalah solusi yang paling mudah untuk menghilangkan hama pada tanaman. Namun dampak yang diberikan oleh pestisida terhadapa lingkungan sangat buruk. Menggunakan pembasmi hama yang terbuat dari bahan-bahan alami adalah tindakan yang paling baik untuk menyelamatkan lapisan ozon.

admindigidaw

Story Telling Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rating*

Send a Message
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE